Bank Mandiri Area Sumatera Barat Region II Sumatera 2 mempercepat digitalisasi transaksi di berbagai pasar lewat program Livin’ Pasar. Area Head Bank Mandiri Sumatera Barat Region II Sumatera 2, Yorinaldi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Pemerintahan Kota Bukittinggi dalam hal ini Dinas Perdagangan dan UMKM Bukittinggi untuk menerapkan layanan digital di Pasar Atas Bukittinggi.
“Harapannya ini dapat memperluas akseptasi pembayaran digital, salah satunya lewat penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) Livin Usaha untuk pedagang,” katanya saat acara peluncuran Pasar Atas Bukittinggi Siap Jadi Digital, Sabtu (22/10/2022).
Yorinaldi memaparkan bahwa program tersebut merupakan bagian dari komitmen Bank Mandiri menjadi urban locomotive sekaligus untuk mempercepat inklusi keuangan di Indonesia. Program digitalisasi Pasar ini nantinya juga akan direplikasi di sebagian besar pasar rakyat.
Dia melanjutkan sinergitas antara Bank Mandiri, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan regulator, digitalisasi pasar diharapkan dapat memberikan dampak positif berupa peningkatan kegiatan transaksi nontunai, termasuk mendorong pelaku UMKM agar naik kelas.
Yorinaldi menjelaskan Bank Mandiri menggarap pasar sebagai salah satu ekosistem yang terintegrasi mulai dari supplier, distributor, logistik, penjual maupun pembeli agar mendapatkan solusi perbankan.
Tak hanya itu, bank berlogo pita emas ini juga mengadakan program bonus menarik yang dapat diterima secara langsung maupun secara undian jika bertransaksi di Pedagang Pasar Atas Bukittinggi dengan cara scan QRIS menggunakan Livin’ by Mandiri.
“Kami berharap dengan adanya digitalisasi pasar ini, transaksi non tunai dapat meningkat sehingga dapat secara langsung mempermudah kebutuhan pembayaran masyarakat dan tentunya turut mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia,” katanya.
Berdasarkan catatan perusahaan, transaksi merchant QRIS Bank Mandiri telah mencapai lebih dari 112.000 transaksi, dengan volume transaksi menembus Rp.21 miliar per Agustus 2022. Jumlah tersebut tumbuh sebesar 69 persen secara year on year (YoY). “Dengan adanya Livin’ Pasar, Bank Mandiri dapat ikut memperluas penggunaan QRIS sebagai salah satu sarana pembayaran non tunai yang dapat diandalkan masyarakat,” katanya.(rel)
Source link